Bakal Ada Jumenengan, Keraton Kaprabonan Siapkan Pengganti Almarhum Sultan Hempi

Bakal Ada Jumenengan, Keraton Kaprabonan Siapkan Pengganti Almarhum Sultan Hempi

LEMAHWUNGKUK - Pasca Sultan Kaprabonan Pangeran Hempi Raja Kaprabon meninggal dunia Senin malam (12/7) lalu, kepemimpinan masih kosong. Calon pengganti kabarnya sudah dipersiapkan dan jumenengan digelar pada hari ke-40.

Raden Hamzaiyah selaku Sekretaris Keraton Kaprabonan mengkonfirmasi bahwa prosesi Jumenengan akan dilakukan. Namun demikian, pihak Keraton Kaprabonan belum mengumumkan siapa pengganti Pangeran Hempi Raja Kaprabonan.

“Untuk nama sudah ada. Tapi belum bisa diinformasikan. Nanti pada saat Jumenengan akan diumumkan,” ungkapnya kemarin.

Menurut Hamza, pihak keluarga sejatinya sudah sepakat terkait siapa yang menjadi penerus Pangeran Hempi. Diketahui, Pangeran Hempi sendiri hanya mempunyai satu orang putri. “Beliau tidak bisa meneruskan kepemimpinan ke anaknya. Karena anaknya perempuan,” jelasnya.

Pada akhir November 2020 lalu, Pangeran Hempi pernah mengutarakan keinginanannya untuk menyerahkan status Kaprabonan kepada salah seorang adiknya.

Dirinya berharap bahwa dengan diteruskannya kepemimpinan di Keraton Kaprabonan, sejarah dan kebudayaan peninggalan Keraton Kaprabonan dapat terawat dengan baik.

“Mudah-mudahan beliau juga mempunyai kepedulian yang sama terhadap peninggalan Keraton Kaprabonan,” ucapnya.

Selain itu, ke depan, dirinya berkeinginan menjadikan Keraton Kaprabonan sebagai museum. Beberapa benda pusaka yang masih tersimpan. Seperti benda pusaka dan juga naskah-naskah kuno.

Hal tersebut dilakukan untuk melestarikan sejarah dan juga kebudayaan. Termasuk mencoba mengambil kembali bekas-bekas bagian dari Kaprabonan yang telah dimiliki oleh perorangan.

“Saya juga akan membeli sendiri lahan-lahan yang ada di sekitar sini untuk dibikin museum. Tentu, kami juga berharap ada peran pemerintah dalam menjaga cagar budaya ini,” ucapnya. (awr)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: